7/18/2012

Ide Coba-Coba Yang Membuahkan Hasil

Pada mulanya saya hanya ingin bersenang-senang untuk mengisi waktu luang dengan beberapa project crochet yang saya buat pada akhir tahun 2011 lalu, iseng-iseng berhadiah foto karya dan proposal naskah saya kirimkan ke penerbit kriya pustaka melalui e-mail, sedikit harap-harap cemas setelah menunggu cukup lama, pada akhirnya di bulan januari 2012 saya dapat kabar gembira dari mereka bahwa karya diterima dan akan dijadikan sebuah buku namun dengan catatan karya harus dimodifikasi, yang berarti saya harus membuat produk lagi dari nol.

Mulailah babak baru pencarian ide desain menentukan bentuk, warna, ukuran, material dan lain-lain. Strategi yang saya lakukan untuk memancing ide-ide itu datang cukup sederhana, seperti:

Mengamati sebuah objek disekitar yang menjadi daya tarik, memperhatikan dengan detail bentuk, warna dan bahan dengan harapan dapat menemukan bentuk-bentuk baru dari benda tersebut.

Merubah dan menyederhanakan bentuk sehingga tampak tidak realistis

Menggabungkan dua unsur yang berbeda dapat menciptakan suatu bentuk baru, seperti gabungan bentuk rol tissue dengan objek kucing

Corat-coret spontan dengan mencatat semua ide yang terlintas kedalam bentuk gambar, mengembangkannya terus hingga dapat ide yang terbaik


Setelah mendapatkan ide bentuk, dilanjutkan dengan menentukan warna, saya lebih suka menggambar ulang dari sketsa dibuku ke komputer dan mencari alternatif warna dengan bantuan software design.


Setelah itu semua dilalui tibalah proses merealisasikan ide gambar ke dalam produk nyata, menentukan ukuran, memilih material benang yang akan digunakan, menentukan bentuk tusukan crochet dan menuliskan polanya, dalam proses produksi ini dibutuhkan beberapa kali percobaan hingga akhirnya mendapatkan bentuk yang ideal.

Tentunya semua ide berawal dari coba-coba yang kemudian dikembangkan, dari yang biasa menjadi luar biasa, dari yang bagus menjadi sangat indah.

Happy Crafting ^^



6 comments:

  1. seruuu ya menulis buku.. saya juga melalui hal yang sama mb wina, bahkan proposal pertama sempat ditolak ehehehe.. ^^

    ReplyDelete
  2. kalo mbak dini pertama di tolak tapi selanjutnya diterimaa terus sampai 4 buku :) kereeen

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. waa.. mbak wina sm mbak dini emang bakat bgt di bidang crafting. kalo saya masi sebatas jadi art therapy aja, hehe
    sukses selalu ya mbak mbak :)

    ReplyDelete
  5. mbak ani salam kenal ^__^
    saya juga masi terus belajar mbak...sukses juga buat mbak ani

    ReplyDelete
  6. nice post, sangat kreatif
    Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete